Dapatan Ide Menulis Dari Film Yang Kamu Tonton! - Kelas Menulis

Breaking

Banner IDwebhost

Friday, February 1, 2019

Dapatan Ide Menulis Dari Film Yang Kamu Tonton!


Saya bukan oranag yang suka menulis fiksi. Karena saya tahu kemampuan saya soal itu masih sangat minim. Namun, saya adalah penikmat fiksi. Bagi saya, kehidupan nyata selalu monoton, fiksi adalah selingan supaya hidup terasa lebih berwarna.

Ngomong-ngomong soal fiksi, saya mengagumi karya fiksi dalam segala bentuk. Yang paling saya suka adalah novel dan film. Keduanya sering sekali menginspirasi saya untuk menulis sesuatu. Yang paling sering menginspirasai adalah film. Beberapa film menginspirasi saya untuk membuat cuplikannya lalu mengulasnya sedikit.

Menulisdari film bukan sekedar synopsis atau review saja. Banyak hal yang bisa ditulis. Selama ini, saya mengembangkan beberapa ide menulis dari film yang saya tonton menjadi beberapa bagian :

Pertama : Menulis sinopsisnya. Hal ini mungkin terdengar familiar karena semua orang menuliskannya. Synopsis film banyak ditulis orang dimana-mana. Tapi gak ada salahnya kalau kamu mau mencoba, seperti ini contohnya :

Sinopsis Hataraku Saibou (2018) Episode 1

Kedua : menulis review. Ulasan film dalam bentuk review biasanya tidak terlalu jauh beda dengan synopsis. Hanya saya, biasanya penulis review lebih akan mengangkat opini pribadinya setelah menonton sebuah film. Saya juga sering melakukannya. Ini contohnya:

Review Live Action Jepang : Demon Covered in Scars (2017)

Ketiga : Menulis lirik dan terjemahan lagu OST film. Nah, untuk yang ini saya jarang melakukannya. Alasannya karena mungkin lagu OST film tidak seberapa menuntut kita untuk berpikir. Kita hanya perlu searching judul lagu di internet, lalu copy, terjemahkan, lalu posting. As simple as that. Tidak mendorong kita menjadi kreatif. Meskipun begitu, saya pernah melakukannya saat blog saya terlalu kosong dan saya kehabisan ide menulis, hehe.
Ke empat : Membuat cuplikan film seperti sebuah cerpen. Untuk yang satu ini saya sering sekali mendapat kendala. Jelas sekali kendalanya ada pada pemilihan kata-kata. Agak sulit bagi saya untuk menceritakan suatu peristiwa. Meskipun saya harus menulis ulang apa yangsaya lihat dari sebuah film. Tapi, saya pernah mencobanya. Lihat saja tulisan ini :

Sebuah Cuplikan Dari Film Blue Spring Ride [Cinta Dibangun Dari Persahabatan Yang Indah]

Kelima : Ambil kutipan kata mutiara dalam film itu, lalu jadikan sebuah artikel. Ini yang paling mudah menurut saya. Dan ini juga yang paling sering saya lakukan ketimbang beberapa poin diatas. Bagisaya menuls bebas terasa lebih menyenangkan. Hanya butuh sedikit kata mutiara untuk dijadikan ide pokok sebuah artikel. Seperti ini contohnya :

Jika Cinta, Maka Berjuanglah! [Terinspirasi Film Blue Spring Ride]

Nah, ini dia beberapa hal yang bisa kamu tulis saat setelah menonton film. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Halaman