Menulis Ala Copywriter? Bagaimana Caranya? - Kelas Menulis

Breaking

Banner IDwebhost

Friday, August 10, 2018

Menulis Ala Copywriter? Bagaimana Caranya?


Saya sering mendengar istilah copywriter dari blogger luar negri, terutama dari barat. Mereka sangat mempopulerkan istilah ini, sepertinya.

Karena penasaran, saya juga tertarik untuk mencari tahu lebih dalam, bagaimana copywriter yang dimaksud para blogger barat itu, seperti apa bentuk menulis ala copywriter, dimana biasanya para copywriter berkerja dan sebagainya.

Sampai akhirnya saya menyimpulkan, "oh, ternyata tidak susah juga menulis ala copywriter itu!"

Mau tahu bagaimanna cara menulis ala copywriter? Kasih tau gak yaaa... :D

Ternyata, kita semua sudah pernah menulis ala copywriter. Tapi, kita yang gak sadar!

Kapan, ya? Dimana? Kok bisa?

Dari beberapa sumber yang saya baca, menulis ala copywriter itu artinya;

Kita meresapi sebuah gagasan orang lain, lalu menuliskan kembali dalam bentuk yang lebih menarik, dengan bahasa yang menjual, supaya orang tertarik untuk ingin tahu lebih jauh, supaya orang membeli!

Coba ingat-ingat lagi, pernahkan kita melakukan hal seperti itu? Membaca tulisan orang, lalu menuliskan ulang dengan gaya yang baru? Saya rasa semua orang pernah melakukanya, kecuali orang yang tidak pernah sekolah.

Ya, disekolah kita punya pelajaran bahasa indonesia, tentu kita pernah belajar tentang kalimat deduktif, induktif, naratif, dan bla bla bla..

Guru kita pernah menyuruh untuk menuliskan contoh-contoh kalimah tersebut sebagai PR. Dari mana kita mengambil sumber untuk mengerjakan PR itu?

Tentu saja buanyaaaak sumber memberikan contoh yang seperti itu. Tapi, karena kita tidak boleh menyontek 100%, akhirnya kita kutip-kutip seditkit, kita ubah-ubah bahasanya supaya tidak terlihat nyontek dari orang lain, dan.. jadilah paragraf baru yang original!

Mirip dengan yang dilakukan copywriter, kan? Yeah, kurang lebih begitu..

Apalagi saat kuliah. Mahasiswa lebih sering lagi melakukannya. Kapan? Saat menulis makalah, saat disuruh membuat paper, jurnal, dan karya tulis lainnya.

Kamu pernahh melakukannya, right?

Di negara-negara maju, jasa copywriter sangat dibutuhkan. Perkerjaan ini juga memberikan gaji yang menggiurkan loh!

Dimana para copywriter berkerja? Dimana saja bisa. Mereka bisa berkerja sebagai penulis freelance di jasa iklan, di online shoop, menulus di jasa promosi, dan sebagainya!

Setelah membaca ini, kamu msih bilang bahwa menulis ala copywriter itu mustahil? Tidak.. Kamu pasti berteriak. "Oh my god, It's is so easly!"

Baca :
Menulis Dengan Laptop VS Menulis Dengan Smartphone, Mana Yang Lebih Cepat?

Bagaimana Caranya Agar Kita Mudah Mendapatkan Ide Menulis?

No comments:

Post a Comment

Halaman