3 Tips Menulis Untuk Pemula - Kelas Menulis

Breaking

Banner IDwebhost

Monday, April 23, 2018

3 Tips Menulis Untuk Pemula





Hallo guys, ini artikel perdana untuk Kelas Menulis. Langsung saja, admin mau berikan tutorial menulis untuk pemula. Menulis apa? Apa saja!

Disini admin mau berbagi tips agar jari-jemari tetap melenggang indah di keyboard disaat kamu ingin menulis. 

Ini bukan tutorial nulis artikel, cerpen, puisi, novel, berita, jurnal, atau karya ilmiah. Tapi lebih dari itu. Admin ingin kamu bisa menulis semuanya! Tuliskan apa saja! Jangan terpaku pada jenis-jenis tulisan tadi.

Gak kebanyakan topic nih, admin? Enggak! Karena menulis itu lebih simple dari sekedar memikirkan tentang jenis-jenis tulisan, topic, dan materi tulisan. Asalkan kamu sudah terbiasa, menulis apapun menjadi gampang.


Gimana caraya? Langsung aja yuks, cekidot!

Pertama, jadilah orang yang peka terhadap apapun yang ada di sekitarmu


Inilah langkah awal untuk mendapatkan ide tulisan. Kalau kamu mulai peka, kamu akan terbiasa mempertanyakan, “kenapa bisa begini”, “kenapa begitu?”. Dari pertanyaan-pertanyaan itu, akan muncul juga jawaban-jawaban yang kamu pikirkan sendiri. Dari situ kamu bisa menulis!

Misal, kamu melihat ada sosok introvert dikelasmu, kemudian kamu sendiri kesal sama orang itu. Jika kamu terus berpikir tentang kawan introvert tadi, lalu kamu mencari referensi tentang sifat-sifat manusia, katakanlah kamu secarhing di google, karna itu yang paling praktis dan mudah. Bukankah kamu sudah bertambah sedikit pengetahuan? Jika ini terus dilakukan, terhadap segala hal yang mengganggu pikiranmu, admin percaya, pasti kamu punya banyak hal untuk ditulis!

Kedua, sering-sering ngobrol dengan orang yang berwawasan luas


Setelah kamu terbiasa dengan otak yang selalu berpikir tentang sekitarmu, kamu juga perlu sharing dengan orang-orang. 

Bisa dengan cara berdiskusi, mempertanyakan pendapat orang mengenai hal yang kamu ingin ketahui. Bisa jadi orang lain berpendapat sama, atau sebaliknya. Itu bisa menjadi referensi baru untuk mengembangkan ide.

Misal, kamu sangat kagum dengan komunitas perempuan berhijab. Lalu kamu bertemu dengan beberapa orang yang telah konsisten berhijab. 

Kepada mereka, kamu mempertanyakan beberapa hal, termasuk bagaimana pengalaman mereka berhijab. Pasti jawaban-jawaban mereka terkesan lebih mengagumkan, bukankah itu bahan tulisan yang bagus?

Ketiga, banyak membaca


Nah, untuk yang ketiga ini mungkin agak berat bagi sebagian orang. Karena, admin sering juga ketemu teman-teman yang pingin banget bisa menjadi penulis, tapi mereka malas membaca. 

Aduuuh, gimana mau nulis, kalo gak suka baca? Tapi tenang aja, walaupun kamu gak suka baca, ada trik dari admin supaya asupan gizi (bacaan) kamu terpenuhi. 

Triknya adalah, cari bacaan-bacaan yang ringan. Misalnya caption foto, atau tulisan-tulisan singkat di instagram, sekarang kan banyak ya quote2 yang bagus, bisa jadi dengan membaca satu-dua kalimat, kamu mendapat ide cemerlang! kenapa tidak?


Bisa jadi, artikel ini jauh berbeda dengan tips menulis lainnya yang kamu dapatkan, namun admin sudah mencobanya, dan terbukti berhasil. Selamat mencoba!


Thanks for reading!


No comments:

Post a Comment

Halaman