Seberapa Berbobot Tulisan Yang Pernah Kamu Buat? - Kelas Menulis

Breaking

Banner IDwebhost

Sunday, January 13, 2019

Seberapa Berbobot Tulisan Yang Pernah Kamu Buat?


Jika kamu memnag sangat tertarik untuk menulis. Pasti pertanyaan ini sangat menarik untuk kamu renungkan. Hmm, pertanyaan ini awalnya saya tanyakan kepada diri saya sendiri. Ketika itu, saya merasa sangat cinta dunia menulis. Sampai-sampai saya sering lupa waktu saat saya sedang asik menulis.

Jika orang lain yang bertanya, mungkin saya tidak tahu harus menjawab apa. Sebab, kenyataannya saya memang tidak pernah membuat tulisan yang berbobot.

Menurut saya semua tulisan saya sangat standar. Sangat memalukan jika sampai detik ini saya membanggakan diri saya sebagai calon penulis masadepan. Nyatanya saya tidak terlihat serius dibidang ini.

Sejujurnya saya pun juga baru sadar bahwa saya tidak pernah membuat tulisan yang berbobot. Ya, saya sadar sesaat ketika pertanyaan ini muncul dibenak saya. 

Sebelumnya saya selalu merasa bangga dan bahagia setiap kali saya bisa menuliskan banyak opini saya di buku, blog, serta di beberapa social media yang saya punya. Seolah saya adala penulis kharismatik. Saya senang saat orang-orang menyukai tulisan saya.

Tapi, akhir-akhir ini saya jadi rajin membaca ulang tulisan-tulisan lama saya. Ternyata saya tidak menemukan tulisan yang benar-benar bagus. Semua tulisan saya dangkal dan tidak bermutu. Dan saya menemukan fakta bahwa ternyata saya memang suka sekali menulis tentang hal-hal sepele, hal-hal tidak penting, dan bukan hal-hal yang membuat orang bertambah pengetahuannya karena tulisan saya.

Saya sempat mengkritik diri sendiri dan mengatakan ; tulisan saya ini seperti tulisan orang bodoh yang hanya berbicara tentang hal-hal bodoh.

Mungkin karena saya tidak membiasakan diri untuk berpikir keras. Saya terlalu manja untuk menjadi penulis berbobot. Itulah sebabnya saya selalu menghindari lomba menulis essay, lomba menulis opini, dan perlombaan menulis lainnya. Karena saya sendiri ternyata sadar saya belum mampu menulis sekeren itu.

Se-suka apapun saya menulis, ternyata saya hanya mengarang bebas. Saya bukanlah orang yang tulisannya layak dimuat di media cetak. Untuk ukuran media online, saya memang pernah menjadi contributor, itupun hanya sebentar. Karena saya lebih suka menulis tanpa ada yang menyuruh dan membatasi topik yang harus saya tulis.

Orang seperti saya mungkin tidak akan eksis dimanapun, kecuali di blog saya sendiri. Hehe.

Saya Hobi Menulis, Apakah Hobi Saya Ini Terlalu Remeh?

Menulislah Hanya Bila Kamu Ingin!

Jangan Banyak Membaca, Nanti Kamu Bingung Mau Nulis Apa!

2 comments:

  1. Wah spertinya tulisan saya ringan aja nih, g berbobot

    ReplyDelete
  2. Ah si mba terlalu underestimate ma diri sendiri...

    ReplyDelete

Halaman