Menulislah Hanya Bila Kamu Ingin! - Kelas Menulis

Breaking

Banner IDwebhost

Monday, August 20, 2018

Menulislah Hanya Bila Kamu Ingin!


Kelas Menulis - Pernah melihat orang yang sehari-harinya hanya berkutat dengan bahan-bahan bacaan untuk ditulis?

Kenapa mereka mau melakukannya? Apakah mereka benar-benar menyukai kegiatan mereka, ataukah mereka terpaksa ?

Sekarang, kita lihat. Apakah kamu menulis karena terpaksa, atau hobi?

Untuk membedakan antara orang-orang yang menulis karena terpakasa dan orang-orang yang menulis karena hobi adalah pada alasan kenapa dia harus menulis.

Berikut adalah perbedaan menulis karena ingin dan menulis karena harus.

Menulis karena 'ingin'


Orang yang menulis tanpa ada yang memintanya menulis, berarti dia menulis karena 'ingin'.

Orang seperti ini bebas menulis apa saja yang dia mau. Tidak ada yang membendung kreatifitasnya. Jadi, dia tidak perlu bahan bacaan yang berat-berat. Karena dia tidak butuh itu.

Menulis karena 'harus'


Sementara, orang yang menulis karena  ada yang mennyuruh, artinya dia menulis karena 'harus'.

Segala yang ditulisnya juga terpaku pada tema yang ditentukan. Penulis seperti ini harus berkerja lebih keras untuk mencari referensi.

Pertanyaannya, para blogger (seperti saya misalnya) apakah mereka menulis karena ingin, atau karena harus?

Tergantung. Kalau saya sendiri, selalu menulis karena ingin. Walaupun saya sadar bahwa saya harus posting artikel setiap hari. Tapi, saya tidak akan menulis jika saya tidak mood. Apalagi sampai harus merasa tertekan karena menulis.

Namun, banyak juga blogger lainnya yang mau menulis apa saja. Yang penting posting artikel.

Terserah kontennya apa, yang penting up-date. Orang menulis gosip, dia juga ikut. Setiap hari seperti orang dikejar deadline. What are you doing? Are you happy doing that?

Bagi saya, menulis itu untuk mencari ketenangan, bukan untuk mendatangkan ketegangan.

Ayolah, berhenti untuk menulis karena 'harus'. Menulislah karena 'ingin'.

Nikmatilah hidup, karena perjalanan hidup kita sendiri ternyata adalah bahan tulisan yang bagus.

Masih menulis karena terpaksa? Berhenti sekarang juga!

3 Tips Menulis Untuk Pemula

No comments:

Post a Comment

Halaman